Langsung ke konten utama

Membuat Rencana Pembelajaran

Membangun, membuat, merekayasa, menyajikan, memproyeksikan, mengatur ulang, menjadwalkan membutuhkan sebuah rencana yang memampukan orang yang bersangkutan untuk menghadapi situasi yang rumit dan berubah – ubah di dalam prosesnya masing – masing.

Buatlah rancangan sebelum Anda memulai pekerjaan. Mengharapkan suatu pekerjaan supaya berhasil sesuai dengan tujuan membutuhkan rancangan. Anda tidak dapat tiba di suatu tempat tanpa merencanakannya terlebih dahulu. Tanpa merencanakannya terlebih dahulu dan Anda tiba di tempat yang asing dengan apa yang diharapkan berarti nyasar. Sebuah alamat yang jelas perlu diketahui sebelum Anda  memulai suatu perjalanan.

 “Malu bertanya sesat di jalan” adalah sebuah pepatah yang bijaksana. Bertanya sangat penting! Di dalam Kurikulum 2013, hal bertanya adalah yang pertama sekali dilakukan setelah mengamati sebelum melanjutkannya ke tahap – tahap selanjutnya di dalam mencari jawaban atas sebuah masalah. Dengan mengajukan sejumlah pertanyaan yang berkaitan maka sejumlah jawaban akan diterima sebagai umpan balik sehingga seseorang dapat dengan mudah membuat rencana.

Kepribadian Para Siswa
Seorang guru Matematika sebaiknya membuat rencana sebelum membelajarkan para siswanya suatu topik Matematika. Para siswa adalah sekumpulan manusia yang dinamis. Dengan tujuan membelajarkan sebuah topik Matematika, seorang guru harus menyadari para siswanya memiliki sejumlah kepribadian dan kebiasaan yang tidak sama. Ada yang suka bertanya ketika di kelas, suka menjawab, lebih banyak mendengarkan, lebih banyak bekerja, suka menulis, bahkan menyela atau menyeletuk ketika guru sedang berusaha membelajarkan mereka. Bahkan ada yang kelihatannya sama sekali tidak mau mendengarkan, tidak mau berusaha, terlalu pasif  dan keras kepala, menyebalkan, dan lain – lain.  Hal – hal tersebut adalah gambaran psikologis siswa di kelas yang harus dihadapi guru dan disadari guru sebelum memulai kelas.

Pembagian Waktu
Efektivitas pembagian waktu adalah hal lain yang sangat penting diperhatikan. Di dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 misalnya, didefinisikan bahwa satu jam pertemuan tatap muka di kelas untuk sekolah – sekolah menengah adalah 45 menit. Andaikan Anda diberikan waktu satu jam pertemuan di sebuah kelas, apa yang akan Anda lakukan supaya sejumlah tujuan pembelajaran tercapai? Rencanakanlah sejelas – jelasnya sebelum Anda memulai kelas. Berapa lama dan apa yang Anda dan para siswa lakukan ketika membuka pelajaran dan ketika Anda mengarahkan para siswa ke tujuan pembelajaran; berdiskusi; menyajikan jawaban; menyimpulkan dan menutup kelas tergantung pada tujuan yang Anda buat.

Tulislah secara detail di dalam jurnal Anda. Jika Anda lebih suka menggunakan laptop atau notebook atau gadget lainnya, simpanlah di dalam sebuah folder. Ini akan memudahkan Anda untuk melihat kembali apa yang Anda lakukan ketika membelajarkan para siswa.

Sangat jelas bahwa keterampilan membagi waktu sangat penting. Bahkan sangat disarankan untuk Anda dan para siswa untuk tidak terlambat masuk ke dalam kelas. Disiplin waktu sangat disarankan agar Anda tidak perlu mengajarkan siswa yang terlambat bagaimana berdisiplin. Di samping itu, lebih baik Anda memberitahukan kerugian terlambat pada awal – awal semester masuk sekolah.

Media Belajar
Tidak perlu lagi diragukan bahwa media belajar sangat diperlukan di dalam setiap pembelajaran. Buku – buku wajib dan buku – buku pendukung pelajaran Matematika merupakan media cetak yang harus dipenuhi sebelum memulai kelas. Sangat penting untuk melihat dan meninjau ulang kembali buku – buku wajib siswa. Beberapa penerbit buku akan menyajikan topic – topic yang berbeda dengan penerbit – penerbit lainnya. Tinjaulah buku – buku itu apakah sesuai dengan kurikulum yang Anda buat atau tidak; yang mana lebih sesuai dengan tujuan pembelajaran yang Anda susun; yang mana dibutuhkan untuk wajib atau untuk pengayaan semuanya tergantung kepada Anda.

Selain media cetak seperti buku – buku, sekarang banyak tersedia media – media elektronik baik itu surat kabar, e-mail, open sources (Wikipedia, Wikihow, dan  website – website yang berkaitan), dan open courses (kursus online), yang semuanya dapat digunakan dengan baik sebagai media pembelajaran digital untuk sekolah – sekolah yang menyediakan internet. Media – media audio atau visual atau audio visual untuk sekolah yang belum menyediakan internet dapat dibuat secara kreatif oleh guru Matematika sesuai dengan tujuan pembelajaran yang disusunnya.

Penilaian dan Evaluasi
Penilaian adalah keputusan akhir tentang pencapaian para siswa atas tujuan – tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan sejak awal pembelajaran. Sementara evaluasi adalah keputusan tentang apa yang harus dilakukan seorang guru setelah para siswanya dinilai. Penilaian dan evaluasi yang baik akan menyebabkan perkembangan para siswa yang baik juga.

Penilaian sebaiknya disesuaikan dengan topic yang dipelajari para siswa dan kemampuan yang diajarkan di kelas. Penilaian membutuhkan kejujuran seorang guru dan ketegasannya untuk menghindari cacat penilaian. Dengan demikian, evaluasi dan pembelajaran selanjutnya dapat direncanakan dengan lebih baik.

E.D.K.S

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar dari Jepang

Tidak seorangpun yang dapat mengabaikan bahwa meniru adalah bagian dari belajar. Bagaimana anak kecil dapat mengatakan ‘merah’ tanpa meniru bagaimana mengatakan ‘merah’. Tidak ada seorang anak yang dapat meloncat jika dia tidak meniru, tetapi seorang anak kecil tidak dapat meloncat seperti apa yang dilakukan orang dewasa. Sekilas mengenai Belajar Belajar adalah sebuah pengalaman terpadu ( a combined experience ) yang terjadi di dalam setiap manusia. Sebuah pengalaman terpadu merupakan sebuah pengalaman yang tidak hanya melibatkan satu unsur saja, melainkan beberapa unsur yang berbeda. Unsur – unsur tersebut dapat saling mempengaruhi dan dapat juga saling bebas ( exclusive-independent ). Unsur – unsur yang dimaksud tersebut lah yang akan menyebabkan konflik atau masalah apabila seseorang tidak dapat melihat dan mengarahkannya, tetapi di lain pihak unsur – unsur itu sendiri sering membangun. Namun, kita akan membahas sebuah topik tentang konflik atau masalah untuk chapter beriku...

GEOGEBRA: FUNGSI KUADRAT

GeoGebra merupakan salah satu alat interaktif untuk belajar dan mengajar matematika dan IPA sekolah dasar hingga tingkat universitas, baik yang berkaitan dengan bidang geometri, aljabar, statistika maupun kalkulus. GeoGebra mulai dibuat pada tahun 2001 oleh Markus Hohenwarter. Sekarang, aplikasi GeoGebra dapat dibuka menggunakan berbagai platform dengan aplikasi dekstopnya untuk Windows, macOS dan Linux, maupun aplikasi tablet untuk Android, iPad dan Windows. Aplikasi ini juga dapat dibuka melalui situs  https://www.geogebra.org/ . Di dalam penjabaran ini, saya akan membahas mengenai penggunaannya untuk belajar fungsi dan persamaan kuadrat menggunakan aplikasi yang tersedia di dalam website  https://www.geogebra.org/ . Kunjungi website  https://www.geogebra.org/ . Tampilannya yang muncul adalah sebagai berikut. Tampilan Utama Aplikasi Geogebra di Website geogebra.org Klik START GRAPHING Tampilan yang muncul adalah sebagai berikut. Tampilan Grafik d...

Kesesuaian Isi Materi Matematika dengan Keadaan Siswa

Apa yang Harus Diajarkan di Kelas Matematika Jika seseorang ingin ke suatu tempat, dia akan menyiapkan segalanya: bekalnya, jalur yang harus ditempuhnya, alat bantu dan kendaraannya, dan yang paling penting adalah bahwa dia mengetahui satu hal penting: alamatnya. Seorang guru Matematika sudah dibekali kemampuan Matematika yang cukup dan kemampuan pedagogis dari lembaga pendidik tenaga kependidikan. Kemampuan Matematika itu di antaranya adalah kemampuan menyelesaikan masalah, komunikasi, koneksi, representasi. Selain itu, guru Matematika memiliki pemikiran yang relative kreatif, kritis, dan terbuka. Sedangkan kemampuan pedagogis melingkupi kemampuan membuka pelajaran, mengarahkan siswa belajar, mengatur pembelajaran, bertanya, menjawab, menganalisa pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran dan menutup pembelajaran. Kemampuan – kemampuan tersebut harus mampu membuat siswa mengalami pembelajaran. Tanpa kemampuan – kemampuan tersebut, mustahil siswa – siswa dapat mengalami pembela...