Langsung ke konten utama

Di dalam Rencana Pembelajaran

Mata Pelajaran:                                                                                            Nama Guru:

I. Unit (Topik)

II. Unit (Topik) Rencana Pembelajaran
1.      Tujuan
2.      Materi Pembelajaran
·         Latar Belakang Matematis
·          Koneksi dengan Pembelajaran Sebelumnya
·          Rangkaian Pembelajaran
3.      Kekurangan Siswa
4.      Alokasi Waktu
·         banyak jam yang diperlukan untuk menyelesaikan keseluruhan unit dan tiap komponen pembelajaran

III. Tujuan Pembelajaran
Identifikasikan apa – apa saja yang perlu dicapai oleh siswa dengan mengklarifikasi natur  pembelajaran berdasarkan empat perspektif yang digambarkan di dalam National Course of Study: (1) minat, keingintahuan, dan sikap; (2) pemikiran dan keputusan; (3) kemampuan dan ekspresi; (4) pengetahuan dan pemahaman.

IV. Garis – Garis Besar Pembelajaran
Implementasi aktivitas beragam – menginsipirasi yang membuat siswa bersemangat untuk mengalami pembelajaran yang menyenangkan.

V. Rencana Pembelajaran/ Evaluasi. Standar – Standar Evaluasi
1.      Standar – standar evaluasi untuk unit pelajaran
2.      Rencana pengembangan pembelajaran di dalam setiap jam tatap muka dan evaluasi dari
berbagai perspektif

VI. Pembelajaran Hari Ini (____kelas dari ______ kelas)
1.      Tujuan – tujuan pembelajaran
2.      Persiapan dan materi
3.      Rencana pengembangan lengkap
(tujuan dan pertanyaan, strategi membantu siswa, kriteria evaluasi dan konsiderasi)

VII. Evaluasi Kelas Hari Ini
Evaluasi yang komprehensif dari berbagai perspektif berdasarkan standar – standar evaluasi.

E.D.K.S
Sumber: Tsubota, K, in Understanding Japanese Mathematics Lesson in Japanese Lesson Study in Mathematics; Its Impact, Diversity and Potential for Educational Improvement, 2007, World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd, 86 - 91

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar dari Jepang

Tidak seorangpun yang dapat mengabaikan bahwa meniru adalah bagian dari belajar. Bagaimana anak kecil dapat mengatakan ‘merah’ tanpa meniru bagaimana mengatakan ‘merah’. Tidak ada seorang anak yang dapat meloncat jika dia tidak meniru, tetapi seorang anak kecil tidak dapat meloncat seperti apa yang dilakukan orang dewasa. Sekilas mengenai Belajar Belajar adalah sebuah pengalaman terpadu ( a combined experience ) yang terjadi di dalam setiap manusia. Sebuah pengalaman terpadu merupakan sebuah pengalaman yang tidak hanya melibatkan satu unsur saja, melainkan beberapa unsur yang berbeda. Unsur – unsur tersebut dapat saling mempengaruhi dan dapat juga saling bebas ( exclusive-independent ). Unsur – unsur yang dimaksud tersebut lah yang akan menyebabkan konflik atau masalah apabila seseorang tidak dapat melihat dan mengarahkannya, tetapi di lain pihak unsur – unsur itu sendiri sering membangun. Namun, kita akan membahas sebuah topik tentang konflik atau masalah untuk chapter beriku...

GEOGEBRA: FUNGSI KUADRAT

GeoGebra merupakan salah satu alat interaktif untuk belajar dan mengajar matematika dan IPA sekolah dasar hingga tingkat universitas, baik yang berkaitan dengan bidang geometri, aljabar, statistika maupun kalkulus. GeoGebra mulai dibuat pada tahun 2001 oleh Markus Hohenwarter. Sekarang, aplikasi GeoGebra dapat dibuka menggunakan berbagai platform dengan aplikasi dekstopnya untuk Windows, macOS dan Linux, maupun aplikasi tablet untuk Android, iPad dan Windows. Aplikasi ini juga dapat dibuka melalui situs  https://www.geogebra.org/ . Di dalam penjabaran ini, saya akan membahas mengenai penggunaannya untuk belajar fungsi dan persamaan kuadrat menggunakan aplikasi yang tersedia di dalam website  https://www.geogebra.org/ . Kunjungi website  https://www.geogebra.org/ . Tampilannya yang muncul adalah sebagai berikut. Tampilan Utama Aplikasi Geogebra di Website geogebra.org Klik START GRAPHING Tampilan yang muncul adalah sebagai berikut. Tampilan Grafik d...

Kesesuaian Isi Materi Matematika dengan Keadaan Siswa

Apa yang Harus Diajarkan di Kelas Matematika Jika seseorang ingin ke suatu tempat, dia akan menyiapkan segalanya: bekalnya, jalur yang harus ditempuhnya, alat bantu dan kendaraannya, dan yang paling penting adalah bahwa dia mengetahui satu hal penting: alamatnya. Seorang guru Matematika sudah dibekali kemampuan Matematika yang cukup dan kemampuan pedagogis dari lembaga pendidik tenaga kependidikan. Kemampuan Matematika itu di antaranya adalah kemampuan menyelesaikan masalah, komunikasi, koneksi, representasi. Selain itu, guru Matematika memiliki pemikiran yang relative kreatif, kritis, dan terbuka. Sedangkan kemampuan pedagogis melingkupi kemampuan membuka pelajaran, mengarahkan siswa belajar, mengatur pembelajaran, bertanya, menjawab, menganalisa pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran dan menutup pembelajaran. Kemampuan – kemampuan tersebut harus mampu membuat siswa mengalami pembelajaran. Tanpa kemampuan – kemampuan tersebut, mustahil siswa – siswa dapat mengalami pembela...